Sederet Manfaat Konsumsi Kurma Bagi Kesehatan

TEMPO.CO, Jakarta -Kurma adalah buah yang pada umumnya tumbuh di berbagai wilayah tropis, terutama Timur Tengah.

Kurma memiliki tekstur yang kenyal dan kering. Rasanya manis dan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda dapat dari mengonsumsi kurma.

Nutrisi tinggi

Dilansir dari laman Healthline, kurma kering memiliki kandungan kalori yang tinggi ketimbang buah-buahan segar. Kandungan kalori dalam kurma hampir sama dengan buah-buahan kering lain, seperti kismis dan buah ara.

Kalori yang terkandung dalam kurma berasal dari karbohidrat dan sebagian kecil berasal dari protein. Selain kalori, kurma juga mengandung vitamin penting, mineral, dan serat.

Berserat tinggi

Tubuh membutuhkan serat untuk mencegah konstipasi. Konsumsi serat yang cukup dapat melancarkan pencernaan. Serat dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula dalam darah karena mencegah naiknya gula darah setelah makan.

Antioksidan tinggi

Kurma menyediakan berbagai jenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk mengurangi risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel-sel tubuh Anda dari radikal bebas. Dibandingkan dengan buah kering jenis lain, kurma memiliki antioksidan yang lebih tinggi.

Meningkatkan fungsi otak

Dilansir dari laman PharmEasy, konsumsi kurma secara reguler telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi IL-6. IL-6 atau Interleukin 6 adalah zat yang berkontribusi dalam perkembangan penyakit otak seperti Alzheimer. Kandungan dalam kurma dapat mengurangi plak yang berdampak berbahaya bagi otak.

Mempermudah persalinan normal

Wanita hamil yang mengonsumsi kurma secara reguler memiliki kesempatan lebih tinggi untuk dapat melahirkan secara normal.

Komplikasi yang diakibatkan oleh kelahiran caesar dapat berdampak buruk bagi wanita. Konsumsi kurma saat kehamilan dapat membantu segala proses persalinan menjadi lebih lancar.

Selaim lima hal di atas, kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang, melindungi ginjal Anda, mengurangi risiko kanker, dan memperbaiki kesehatan kulit.

Kurma berfungsi sebagai pemanis alami dalam diet Anda. Selain manis, kurma bernutrisi tinggi dan lezat.

DINA OKTAFERIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.