Hari ini, 10 Desember 1868 Lampu Lalu Lintas Pertama Dipasang di London

Lampu lalu lintas telah diadopsi di hampir semua kota di dunia, dengan warna yang diakui secara universal meliputi merah untuk berhenti, kuning untuk berhati-hati, dan hijau untuk jalan. Dalam sejarah, lampu lalu lintas pertama kali dipasang pada 10 Desember 1868 di luar Gedung Parlemen, London.

Melansir Stoneacre di situs stoneacre.co.uk, lampu lalu lintas pertama di London bahkan dunia tersebut diinisiasi insinyur kereta api Inggris, John Peake Knight yang memodifikasi sistem sinyal dari kereta api untuk mengontrol lalu lintas kereta kuda yang juga memungkinkan penumpang menyeberang jalan dengan aman.

John Peake Knight menggunakan versi yang diadaptasi dari lengan semaphore untuk memberi sinyal di siang hari dan lampu gas berwarna merah dan hijau di malam hari.

Meski di awal kemunculannya cukup membantu meningkatkan arus lalu lintas dan keselamatan pejalan kaki, lampu lalu lintas pertama di London tersebut meledak pada malam 2 Januari 1869 dan membunuh polisi yang mengoperasikannya.

Memasuki 1923 sampai 1930Berdasar Inclusive City Maker di alamat inclusivecitymaker.com, memasuki 1923 mekanisme lampu lalu lintas berbasis listrik pertama kali dipasang di Paris, tepatnya di persimpangan Boulevard de Strasbourg dan Grands Boulevards. Kemudian pemasangan disusul kota-kota terbesar di Eropa, di antaranya: Berlin pada 1924, Milan pada 1925, Roma pada 1926, London pada 1927, Praha pada 1928, Barcelona pada 1930. Yang kemudian sistem ini diekspor ke Tokyo pada tahun 1931.

Memasuki 1950Memasuki 1950 lampu lalu lintas mulai digunakan di mana-mana. Dan pada 2011, kota-kota terbesar di Prancis memiliki rata-rata satu persimpangan yang dikendalikan oleh lampu lalu lintas untuk setiap 1000 penduduk.

Sampai saat ini, lampu lalu lintas sudah diadopsi kota-kota di belahan dunia. Namun, penggunan lampu lalu lintas tidaklah baku, tergantung budaya negara yang menggunakannya dan kebutuhan khusus di perempatan tertentu. Contoh variasi lampu lalu lintas termasuk lampu lalu lintas khusus pejalan kaki, lampu lalu lintas untuk pengguna sepeda, bus, kereta, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.