8 Cara Dekorasi Rumah Ini Bisa Bikin Lebih Sehat dan Panjang Umur

Di dunia ada sebuah kawasan yang disebut sebagai Zona Biru, di mana penduduknya dapat hidup lebih lama dan sehat. Jika menarik pelajaran penting tentang umur panjang mereka, tidak berasa dari diet atau olahraga yang rutin. Menurut pakar umur panjang, Dan Buettner, itu karena mereka tinggal di lingkungan yang secara tidak sadar mendorong mereka ke perilaku yang lebih sehat, seperti lebih banyak bergerak dan makan nabati. Dan lingkungan itu dimulai di dalam ruang rumah mereka, yang mencakup elemen desain dan organisasi yang memfasilitasi kebiasaan sehat.

Pertimbangan desain interior yang tampaknya biasa-biasa saja seperti di mana Anda menempatkan furnitur, semuanya dapat menjadi faktor untuk meningkatkan umur panjang. Melansir laman Well and Good, berikut adalah 8 tips desain rumah untuk meningkatkan umur panjang, menurut para ahli.

1. Letakkan TV di ruangan yang jauh dari dapur

Penelitian telah menemukan bahwa orang cenderung makan melewati titik kenyang ketika mereka juga menonton sebuah pertunjukkan. Jika Anda harus berjalan beberapa langkah (atau bahkan menuruni tangga) untuk sampai ke dapur dari mana pun Anda biasanya memposting waktu menonton TV, Anda tidak hanya cenderung mengemil tanpa berpikir, tetapi juga, jika Anda bangun untuk mengambil camilan, Anda juga sedikit berjalan-jalan. “Ini adalah jenis aktivitas fisik bawaan yang mudah dipertahankan. Seiring waktu, itu dapat memiliki efek yang lebih konsisten daripada ke gym,” kata Buettner.

2. Simpan rak sepatu di dekat pintu

Menurut Buettner, ini adalah salah satu cara untuk berumur panjang. Dengan rak di dekat pintu, kemungkinan besar kamu akan melepas sepatu saat tiba di rumah, kebiasaan yang umum di antara orang-orang di Okinawa, Jepang (salah satu wilayah Zona Biru). “Kami telah menemukan bahwa 28 persen sepatu membawa bakteri tinja,” kata Buettner. Ketika kita tidak ingin membawa penyakit ke dalam rumah, maka akan melepaskan sepatu setibanya di rumah.

3. Makanlah dengan anggota keluarga sesering mungkin

Berbagi makanan dengan orang lain adalah cara mudah untuk membangkitkan nafsu makan. Belum lagi, rutinitas makan bersama dapat memperat hubungan dalam suasana yang santai. “Ini salah satu cara terbaik untuk membangun ikatan dengan keluarga dengan duduk mengelilingi meja makan,” katanya Buettner.

4. Berkebun di rumah

Jika kamu memiliki segala lahan yang luas, gunakanlah untuk menanam hal-hal yang dapat dimakan, baik di tanah atau di wadah atau di teras. “Berkebun adalah sesuatu yang kita lihat di setiap Zona Biru, dengan orang-orang berusia sembilan puluhan terus merawat tanaman dan sayuran,” kata Buettner. Ini memiliki efek triple-whammy mendorong Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu di udara segar, aktif (menyiangi dan menyiram membutuhkan membungkuk dan berdiri kembali, setelah semua), dan makan lebih banyak makanan segar.

Dan jika Anda tidak memiliki akses ke ruang luar? Siapkan taman herbal dalam ruangan. Dengan cara ini, Anda setidaknya akan lebih cenderung mengonsumsi rempah segar, yang direkomendasikan Buettner untuk menanam rosemary dan oregano, khususnya. “Ini sering ditemukan di Zona Biru, dan mereka tidak hanya tinggi antioksidan tetapi bertindak sebagai diuretik ringan, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah,” katanya.

5. Dekorasi rumah dengan tanaman hias

Untuk meniru keindahan alam, Frederick menyarankan untuk mendekorasi rumah Anda dengan tanaman hias, yang secara alami dapat mengurangi stres. “Jika Anda tidak dapat melakukan itu, bahkan memiliki gambar pemandangan alam atau menggabungkan warna hijau dan tanah alami ke dalam rumah Anda dapat membantu menumbuhkan lingkungan yang positif dan meningkatkan kreativitas,” katanya, merujuk pada desain biofilik yang menjadi ciri khas hot spot umur panjang. Singapura. Konsep itu juga meluas ke mengisi rumah Anda dengan cahaya alami di siang hari dengan membuka tirai dan jendela, jika cuaca cukup baik untuk melakukannya.

6. Meletakkan keset di depan kamar mandi

Keset kamar mandi bukan hanya untuk mengeringkan kaki setelah dari kamar mandi, tetapi juga untuk mengaja keselamatan dari kemungkinan risiko terpleset. Untuk mencegahnya, Frederick menyarankan untuk meletakkan keset anti slip di lantai, menambahkan pegangan pada dinding di kamar mandi, dan bahkan menempatkan bangku kecil di kamar mandi.

7. Menciptakan kamar tidur dengan suasana nyaman

Menciptakan ruang yang senyaman mungkin untuk tidur adalah cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak tidur, akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan kognisi yang menawarkan sejumlah manfaat agar berumur panjang. Ryan Frederick, CEO Smart Living 360, perusahaan pengembang real estat, menyarankan untuk memasang tirai anti tembus pandang di jendela kamar tidur mana pun yang mendapat banyak cahaya dan menyiapkan mesin white-noise yang dapat mengisi ruang Anda dengan suara yang menenangkan dan merangsang tidur, sekaligus membantu menghalangi kebisingan dari luar. Membersihkan dan menyedot debu kamar tidur Anda secara teratur, dan merapikan tempat tidur Anda juga dapat membantu menciptakan jenis ruang yang tenang dan seperti suaka yang akan membantu Anda secara teratur mengatur lebih banyak waktu luang.

8. Rumah yang nyaman untuk tamu

Dengan cara yang sama bahwa makan bersama anggota keluarga dapat memperkuat ikatan penambah umur panjang, bersosialisasi lebih banyak dengan tetangga dan teman dapat menumbuhkan jenis hubungan yang juga dapat memperpanjang umur Anda. Frederick menyarankan untuk membuat sudut kecil lainnya di rumah untuk berkumpul.

“Tentu saja ada penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki teman dekat mendukung umur panjang, tetapi kami juga tahu bahwa ikatan yang longgar, seperti yang mungkin Anda miliki dengan tetangga atau orang-orang di komunitas Anda, juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan,” kata Frederick.

ANDINI SABRINA | WELL AND GOOD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.