5 Keunggulan Pertamax Dibandingkan Premium dan Pertalite

TEMPO.CO, Jakarta -Meskipun harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax lebih mahal dibanding Premium dan Pertalite, namun hal ini sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.

Dilansir dari www.pertaminafuels.com Pertamax adalah bahan bakar produk PT Pertamina yang telah dikeluarkan pada 10 Desember 2002 lalu. Pertamax merupakan bahan bakar mesin yang mempunyai nilai oktan tinggi yakni dengan kadar oktan 92 berstandar internasional EURO 2.

Selain memiliki ciri-ciri berwarna biru, terang dan jernih, Pertamax juga mempunyai beberapa keunggulan lainnya jika dibandingkan dengan bahan bakar pertalite apalagi premium. Diantaranya ialah:

1. Pembakaran sempurna

Dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin lainnya, Pertamax memiliki keunggulan yakni pembakarannya yang sempurna.

Pertamax mempunyai angka oktan yang lebih tinggi dari bahan bakar mesin lain seperti premium, sehingga menghasilkan pembakaran yang akan lebih sempurna.

Sebab proses pembakaran di dalam ruang bakar akan lebih baik, apabila nilai oktan bahan bakar mesin tinggi. Hal ini dikarenakan bahan bakar dapat dipadatkan sampai tekanan tertinggi sebelum terkena api dari busi.

Selanjutnya : Ramah lingkungan…

1234 Selanjutnya

2. Ramah lingkungan

Keunggulan lain yang dimiliki Pertamax ialah emisi gas yang dikeluarkannya lebih bersih dan lebih ramah lingkungan sebab pembakarannya yang lebih baik dan efisien, dan juga menghasilkan dampak emisi gas buang yang akan jauh lebih rendah.

3. Bahan bakar lebih irit

Keunggulan selanjutnya adalah bahan bakar Pertamax yang jauh lebih irit jika dibandingkan bangan bakar mesin lainnya, karena sifatnya yang lebih sulit dibakar. Sehingga proses pembakaran pada ruang pembakaran menjadi lebih baik.

Dengan demikian bahan bakar mesin akan lebih sulit terbakar habis sebelum kembali pada proses TMA.

4. Perawatan lebih mudah

Pertamax menjadi pilihan masyarakat pada kendaraanya karena keunggulannya yaitu proses perawatan menjadi jauh lebih mudah.

Sebab Pertamax tidak mempunyai timbal dan proses pembakaran pun lebih sempurna sehingga kadar kerak atau deposit pada klep, head, piston, serta busi lebih minim.

Selanjutnya : Secara otomatis, waktu untuk melakukan servis…

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

Secara otomatis, waktu untuk melakukan servis juga akan semakin kurang sebab berkurangnya pembersihan kerak atau deposit yang menempel. Pertamax juga telah dilengkapi oleh Ecosave Technology yang khusus dirancang untuk melindungi mesin.

5. Performa mesin lebih baik dan responsif

Terakhir, keunggulan dari Pertamax yaitu mempunyai performa mesin yang jauh lebih baik dan responsif. Putaran RPM pada mobil akan lebih ringan dan beban kerja mesin juga akan jauh lebih ringan sebab Pertamax memiliki tambahan zat aditif.

Selain itu juga bahan bakar ini akan mengurangi kandungan kerak atau deposit yang menempel pada ruang pembakaran, sehingga hasilnya kendaraan akan lebih responsif dan performa mesin menjadi lebih maksimal.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Pertamax dan tidak dipunyai oleh bahan bakar lain. Demi memperoleh performa mesin terbaik, pastikan untuk memilih bahan bakar mesin yang sesuai dengan kapasitas mesin kendaraan Anda.

Pertamax sangat direkomendasikan bagi kendaraan yang berasio kompresi 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan yang teknologinya telah setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).

PUSPITA AMANDA SARIBaca : Jadikan Pertalite Sebagai BBM Transisi, ESDM: Premium Hanya Digunakan 7 Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.